Minggu, 08 Mei 2016

“Kemunduran dan Penurunan TOSHIBA dalam Persaingan BISNIS Electronic”

ADI FIRDANU - 30814152 (4.2 GS)



Berikut adalah suatu analisa Perusahaan Electronic terbesar yang pernah jaya di masa nya,yaitu TOSHIBA,
analisa ini saya terapkan dalam metode Root Cause Analisis. Didalam analisa berikut juga terdapat Metode atau Tehnik WHY serta diagram FISHBONE.

Silahkan di Baca dan di Simak..


TOSHIBA
a)      Company Profile
Toshiba adalah perusahaan Jepang yang memproduksi dan memasarkan berbagai peralatan listrik dan produk elektronik yang canggih, yang berkantor pusat di Tokyo, Jepang. Toshiba dinilai sebagai perusahaan no 7 dunia untuk produsen terintegrasi untuk peralatan listrik, elektronik dan sebagai pembuat chip. Toshiba Semikonduktor termasuk 20 besar pemimpin penjualan semikonduktor di dunia.
Toshiba dibentuk pada tahun 1939, merupakan hasil merger dari dua perusahaan. Tokyo Denki adalah perusahaan yang bergerak dibidang consumer goods dan perusahaan mesin Shibaura Seisakusho. Mengambil beberapa huruf didepan dari masing-masing perusahaan “TO” dan “SHIBa” maka lahirlah merek Toshiba. Pada tahun 1984 perusahaan itu resmi berubah menjadi Toshiba Corporation. Grup ini makin kuat melalui pertumbuhan internal dan melalui akuisisi perusahaan rekayasa alat berat dan perusahaan industri primer pada 1940-an dan 1950-an. Kemudian pada 1970-an dan seterusnya, anak perusahaan mulai didirikan, yaitu: grup Toshiba Lighting & Teknologi (1989), Toshiba Carrier Corporation (1999), Toshiba Elevator & Building System Corp (2001), Toshiba Solutions Corp (2003), Toshiba Medical Systems Corp (2003) dan Toshiba Materials Co Ltd (2003).

"Yang tutup ini adalah pabrik  televisi Toshiba terbesar di Indonesia, selain di Jepang. Karyawan yang di PHK lebih dari 900 orang," tegasnya saat Konferensi Pers di Jakarta, Selasa, 2 Februari 2016.

Said mengatakan, penutupan pabrik bakal dieksekusi pada April 2016. Saat ini, sedang terjadi proses negosiasi pesangon antara manajemen perusahaan dengan serikat pekerja pabrik tersebut.

Berikut data rinci jumlah PHK di Toshiba dan Panasonic versi KSPI, yaitu:

1. Sebanyak 865 orang terkena PHK di PT Toshiba Consumer products Indonesia. Pabrik ini beralamat di Jalan Citanduy Raya Park Plot 5G di kawasan EJIP Industrial Cikarang Selatan.

Perusahaan memulai perundingan pesangon dengan serikat pekerja pada 5 Januari 2016. Pengusaha menyatakan penutupan perusahaan bukan karena persoalan kenaikan upah, tapi karena daya beli masyarakat menurun secara domestik dan global. Perusahaan ini memproduksi televisi dan mesin cuci untuk pasar domestik dan dunia.



Namun dengan berjalan nya waktu,lama kelamaan Toshiba mengalami kemunduran
Atau colapse,berikut beberapa faktor penyebab Bangkrut nya toshiba yang di terapkan dalam “WHY – WHY Analisis.. (Root Cause Analisis/RCA)”.


Berikut adalah penjelasan nya...




b)      FORM TEHNIK (5) MENGAPA / WHY

MASALAH

“Kemunduran dan Penurunan TOSHIBA dalam Persaingan BISNIS Electronic”
Mengapa

Mengapa produktivitas toshiba menurun ?
Awal nya,mungkin karna banyak nya kompetitor yang semakin banyak berkembang,apalagi kompetitor tsb melakukan banyak suatu rancangan dan inovasi,sehingga sasaran target toshiba (customer) tidak sedikit yang beralih kepada kompetitor,semakin sedikit nya minat user kepada toshiba,maka berpengaruh pula terhadap poduksi toshiba terhadap minta customer.
Mengapa

Mengapa Toshiba Kalah dengan Kompetitor ?
Dalam perkembangan zaman dan teknologi,toshiba mampu disaingi oleh banyak kompetitor secara teknologi dan inovasi,banyak kompetitor yang berasal dari KOREA maupun CHINA,yg menawarkan inovasi lebih maju,dan harga lebih kompetitif di banding dengan toshiba. Itu yang menyebabkan toshiba mau tidak mau harus mundur.
Mengapa

Mengapa Pabrik Toshiba itu Tutup?
Seiring berjalan nya waktu, pabrik toshiba akhirnya menutup pabrik nya itu sendiri,di karna kan,toshiba tidak mampu lagi bersaing dengan kompetitor yang ada,dan ada pula bebrapa faktor pabrik mereka tutup,seperti kebijakan pemerintah yang harus menaikan gaji karyawan yang di iringi dengan harga dollar pada saat yang sama melonjak.
Mengapa

Mengapa Toshiba banyak mem-PHK karyawan nya?
Ada beberapa faktor toshiba memutuskan hubungan kerja dengan karyawan nya,salah satu nya adalah penutupan pabrik nya toshiba,karna tutup,mau tidak mau toshiba harus memutuskan hubungan kerja dengan karyawan nya,dan faktor produktivitas yang sangat anjlok juga membuat toshiba harus mengurangi karyawan mereka.
Mengapa

Dan, Mengapa Toshiba pada akhirnya bisa Anjlok atau Menurun ?
Karena pada akhirnya toshiba hanya mampu bertahan dengan menghabiskan sisa stok barang yang ada,karna mereka sudah tidak mau memproduksi lagi di karnakan pabrik mereka tutup. Dan apabila mereka tidak mampu bersaing dengan kompetitor mereka yang lebih maju secara inovasi dan harga yang kompetitif,secara tidak langsung mereka harus mundur atau turun.



Seperti yang akan dibahas sebelum nya,disini akan membahas teori nya dalam diagram FISBHONE,berikut adalah suatu analisa nya dalam diagram FISHBONE :



Nah, yang di atas adalah analisa kasus atau kejadian apabila digambarkan dalam suatu diagram fishbone,
dibawah ini juga ada penjelasan nya secara teori :

-          Konsumen
Konsumen berperan penting dalam sebuah perusahaan dimana konsumen adalah nyawa bagi sebuah perusahaan itu sendiri  di dalam Toshiba ada beberapa pelayanaan purna jual yang membuat beberapa konsumen dikecewakaan. Maka dari itu layanaan purna jual mempengaruhi tingkat konsumen pada sebuah perusahaan salah satunya Toshiba.

-          Public atau factory
Penutupaan perusahaan Toshiba factor utamanya sebenarnya adalah daya beli masyarakat yang turun dan berimbas pada produksi, sehingga daya produksi menurun yang menyebabkan pabrik perusahaan tersebut dapat tutup sehingga tidak dapat memproduksi barang dan tidak dapat menjual barang. Begitupun yang dialami Toshiba.

-          Ekonomi global
Pelemahaan ekonomi global atau ekonomi dunia ikut mempengaruhi investasi di sector manufaktur Indonesia. Hal ini dirasakaan perusahaan raksasa asal jepang yaitu Toshiba. Dimana pada saat mengalami penurunaan ekonomi global dunia Toshiba ikut merasakannya.

-          Kompetitor
Para pesaing saat ini tidak ada henti hentinya mengeluarkan teknologi yang jauh lebih baik dan canggih dibandingkan dengan Toshiba. Dimana soal fitur dan teknologi Toshiba mampu dibalap oleh perusahan korea yang besar yaitu Samsung dan LG.


Demikian yang dapat saya kutip di blog ini,semoga dapat bermanfaat bagi kalian para pembaca nya,dan semoga blog ini dapat membantu kalian dalam mencari informasi yang berkaitan dengan teori RCA ( Root Cause Analisys ).

Terima Kasih....


Warm Regards,

ADIFIRDANU
30814152 (4.2GS)
@STMIKIndonesia,
EDP@207.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar